Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Kunyit untuk Kesehatan Lambung, Usus, Darah, dan Tubuh Kita

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Untuk Menjadi Nomor 1


Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Tanaman Kunyit untuk Kesehatan

Pengertian Tanaman Kunyit
Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman pekarangan yang sudah familiar untuk kita semua. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama local, seperti turmeric (Inggris),  kurkuma  (Belanda),  kunyit (Indonesia dan Malaysia),  janar (Banjar),  kunir (Jawa),  koneng (Sunda),  konyet (Madura).
Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, dan Australia, bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indnesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan "Janar".

Kunyit merupakan tanaman rempah yang berasal dari india. tanaman kunyit berupa semak memiliki tinggi kira-kira 70cm. kunyit memiliki batang semu, akar serabut berwarna coklat muda dan membentuk rimpang. Daun kunyit berbentuk lanset memanjang, tulang daunnya menyirip,pangkal dan ujungnya meruncing, berwarna hujau pucat, mempunyai tangkai yang panjang dengan panjang sekitar 40 cm. Rimpangnya memanjang berbentuk jari,berwarna kuning, dan sedikit bersisik. Benih yang di budidayakan adalah rimpangnya. Kunyit hidup subur di kawasan lapang dan mendapat cahaya matahari.



Klasifikasi ilmiah kunyit
kerajaan : Plantae
Divisio    : Spermatophyta
Kelas     : Monocotyledonae
Ordo      : Zingiberales
Famili     : Zungiberaceae
Genus     : Curcuma
Species   :  Curcuma domestica Val.
Berdasarkan uraian di atas, maka dap-at disimpulkan bahwa kunyit merupakan salah satu tanaman rempah asli Asia, berasal dari India dan menyebar ke Negara lainnya. Kunyit biasa digunakan untuk tambahan dalam bumbu masakan dan juga merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan obat tradisional.
Kandungan Kunyit
Kunyit dapat menjadi salah satu rempah yang terpercaya bagi masyarakat tentu bukan karena terpilih dengan sendirinya, akan tetapi kunyit memiliki beberapa kandungan khasiat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut merupakan kandungan kunyit yang sangat berperan aktif dalam kesohoran kunyit di hati masyarakat.
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan  bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari  Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung lemak  sebanyak 1 -3%, karbohidrat sebanyak 3%, protein 30%, pati 8%, Vitamin C  45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.
Selain itu pendapat lain mengungkapkan kandungan utama di dalam rimpangnya terdiri dari minyak atsiri, kurkumin, resin, oleoresin, desmetoksikurkumin, dan bidesmetoksikurkumin, damar, gom, lemak, protein, kalsium, fosfor dan besi. Zat warna kuning (kurkumin) dimanfaatkan sebagai pewarna untuk makanan manusia dan ternak. Kandungan kimia minyak atsiri kunyit terdiri dari ar-tumeron, α dan β-tumeron, tumerol, α-atlanton, β-kariofilen, linalol, 1,8 sineol. Teknologi budidaya yang mengikuti anjuran, dengan mengacu kepada penerapan SPO yang tepat, produksi rimpang kunyit segar mencapai 11 ton/ha, dengan kadar kurkumin 8–11% (Rahardjo et al., 1987).
Menurut Chattopadhyay et al. (2004) kunyit mengandung minyak atsiri 5,8% tersusun oleh pellandrn 1%, sabien 6%, cineol 1%, borneol 0,5%, zingiberen 25% dan seskuiterpen 53%. Warna kuning pada kunyit berasal dari kandungan zat warna yang disebut kurkumin (diferulolylmethane) (3-4%). Turunan senyawa kurkumin antara lain demetoksi dan biodemetoksi kurkumin. Kandungan senyawa kurkumin bervariasi tergantung dengan varietas kunyit. Kurkumin memperlihatkan aktivitas antikoagulan dengan menghambat kolagen dan adrenalin yang menginduksi agregrasi platelet (Chattopadhyay et al. 2004). Komposisi kimia kunyit dan tepung kunyit dapat dilihat pada tabel di bawah ini.




Manfaat dan Khasiat Kunyit
Melihat kandungan kunyit yang sangat luar biasa maka sudah pastinya kita sedikit sudah mengetahui manfaat kunyit untk tubuh kita. Pada kesempatan kali ini, Artikel Kesehatan akan memberikan manfaat dan khasiat kunyit untuk pemirsa sekalian baca agar kedepannya dapat bermanfaat.
Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.
Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrate, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.
Kunyit dapat menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak maupun terkilir.
Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.
Cara sederhana adalah :
1.     Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
2.     Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
3.     Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
4.     Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
5.     Saring dan Peras
6.     Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
7.     Tambahkan gula atau madu
8.     Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)
Ramuan di atas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.
Mengenai manfaat atau khasiat kunyit, pendapat lain mengungkapkan Rimpang kunyit mengandung minyak asiri dengan senyawa antara lain fellandrene, sabinene, sineol, borneol, zingiberene, kurkumin, turmeron, kamfene, kamfor, sesquiterpene, asam kafrilat, asam metoksisinamat dan tolilmetil karbinol. Selain itu, rimpang kunyit juga mengandung tepung dan zat warna yang mengandung alkaloid kurkumin. Rimpang kunyit memiliki efek farmakologi seperti melancarkan peredaran darah, anti-imflamasi, antibakteri, melancarkan pengeluaran empedu, antipiretik dan icteric hepatitis. (Mahendra, 2005).
Sedangkan pendapat lain mengungkapkan secara rinci khasiat kunyit berupa :
1. Mencegah Penyakit Alzheimer
Tidak banyak yang mengetahui manfaat kunyit yang satu ini. Para ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki curcumin cukup kuat untuk memecah plak amyloid pada otak yang menjadi penyebab Alzheimer. “Jika sumbatan pada pembuluh darah berkurang, maka bagian tertentu pada otak dapat lebih mudah menerima asupan oksigen dan otak dapat berfungsi dengan lebih baik,” menurut Hourigan. Alzheimer’s Disease Research Center di Universitas California saat ini merencanakan untuk melakukan uji coba pada manusia.
2. Membantu Mencegah Kanker
Salah satu manfaat kunyit yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam memerangi kanker. Dalam bukunya, ‘The 150 Healthiest Foods On Earth (Fair Winds)’, ahli nutrisi Jonny Bowden mengatakan bahwa setidaknya terdapat 30 penelitian yang menunjukkan bahwa curcumin memiliki khasiat anti-tumor, “Baik dalam mengurangi jumlah atau ukuran tumor atau persentase dari binatang yang mengidap tumor.”
Sementara masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, ia mengacu pada sebuah penelitian pada tahun 2006 yang menunjukkan bahwa curcumin mencegah pertumbuhan kanker usus besar pada manusia. Sebuah penelitian terbaru di New Jersey menemukan bahwa kombinasi curcumin dengan sayuran seperti brokoli dan kol dapat membantu menyembuhkan dan mencegah kanker prostat.
Terdapat pula indikasi bahwa curcumin membantu mencegah kanker payudara, kulit, dan pancreas, leukemia pada anak, dan myeloma ganda. “Saat tidak ada seorang pun yang mengklaim bahwa kunyit menyembuhkan kanker, terdapat banyak alasan untuk mempercayai bahwa kunyit merupakan bahan yang bermanfaat bagi diet yang menyehatkan,” kata Bowden.
3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke
Manfaat kunyit lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Curcumin juga memiliki dampak positif terhadap kolesterol, menurut Bowden, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa curcumin membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penumpukan LDL (kolesterol ‘jahat’) pada pembuluh darah. Oleh sebab itu curcumin dapat membantu menghentikan penumpukan plak (atherosclerosis) yang bisa menutupi arteri dan menyebabkanserangan jantung dan stroke.
4. Melawan Penyakit Inflamasi
Khasiat anti-inflamasi alami dari kunyit juga berfungsi sebagai pengobatan anti-inflamasi, dan tidak memiliki efek samping. Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit membantu penyembuhan inflamasi mata (uveitis), penyakit perut (ulcerative colitis) dan sclerosis ganda.
Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kunyit dalam mengatasi inflamasi. Penelitian menggunakan formula yang terdiri dari kunyit, menunjukkan bahwa kunyit mengurangi rasa sakit dan kelumpuhan sehubungan dengan osteoarthritis, namun hal ini belum pernah diteliti secara menyeluruh.
5. Melawan Demam dan Flu
Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus.
6. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat kunyit yang cukup dikenal adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah pencernaan. Curcumin menstimulasi kantung empedu dan menghasilkan empedu. Karena empedu membantu mencerna lemak; maka para ilmuwan percaya bahwa proses ini menyembuhkan gangguan penceraan dan membantu mengendalikan berat badan. Setidaknya satu penelitian menemukan bahwa kunyit menyembuhkan gangguan pencernaan, mengurangi gejala kembung dan gas.
7. Membantu Penderita Diabetes
Kunyit dapat membantu mengontrol aktivitas glukosa atau insulin; pada penelitian yang dilakukan pada binatang menunjukkan bahwa kunyit menurunkan tekanan gula darah. Jika anda menambahkan kunyit pada diet anda, Hourigan menganjurkan anda untuk memonitor gula darah anda. Ketika dikombinasikan dengan obat, kunyit dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan hypoglycaemia.
Dalam sebuah akun web juga mengungkapkan manfaat kunyit antara lain:
1. Menurunkan Tekanan Darah
  • Siapkan 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit segar, dan 500 cc air.
  • Cincang daun pegagan dan kunyit kecil-kecil, kemudian rebus dalam 500 cc air hingga tersisa 150 cc.
  • Tunggu sedikit dingin, jika sudah barulah diminum.
  • Lakukan rutin pengobatan ini sehari minum 3 kali masing-masing 1 sendok makan.

2. Menurunkan Panas Demam
  1. Parut 20 gram kunyit segar yang telah dibersihkan.
  2. Masukkan ke dalam 100 ml air matang panas, aduk perlahan sampai kunyit larut.
  3. Tadahkan larutan kunyit pada lap bersih, kemudian buat seperti bungkusan.
  4. Peras agar airnya keluar, jangan lupa tampung diatas gelas atau wadah kecil.
  5. Minum air perasan kunyit ini sampai suhu panas akibat demam turun.

3. Menghilangkan Bau Badan Dari Dalam
  1. Siapkan 2 ruas ibu jari kunyit segar, parut sampai halus.
  2. Larutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang telah dicampurkan gula aren.
  3. Aduk beberapa menit, saring airnya dan minum.
  4. Dosis: 1 kali sehari diminum sebelum tidur.

4. Gatal Karena Cacar Air
  • Petik segenggam daun asam dan sepotong rimpang kunyit, cuci bersih kedua bahan.
  • Kedua bahan yang telah bersih diblender sampai halus.
  • Aplikasikan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal setelah cacar.
  • Dosis pengobatan: 3 kali sehari

5. Malaria
  • Siapkan bahan berupa 3 gram kunyit, 15 gram kulit pule, 5 gram kayu cendana, 5 gram kulit pohon keningar, 6 gram daun jering antan, 20 gram temulawak, minyak kayu putih 6 tetes (taruh di piring kecil), dan 500 air matang.
  • Haluskan semua bahan kecuali minyak kayu putih, rebus dalam 500 cc air.
  • Minum ramuan yang sudah dingin sehari 3 kali.

6. Diare
  • Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/2 jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina.
  • Kombinasikan semua bahan, kemudian rebus ke dalam segelas air (150 ml) sampai mendidih.
  • Saring air rebusan, kemudian minum obat yang telah jadi sehari 2 kali (pagi dan sore) masing-masing 75 ml.

7. Stamina
  • Peras kunyit sampai airnya sebanyak 1 sendok makan, siapkan juga sebutir telur ayam kampung, 1 sdm madu, 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan lada bubuk secukupnya.
  • Masukkan semua bahan dalam gelas kemudian aduk hingga tercampur, biarkan beberapa saat.
  • Minum obat vitalitas ini sehari 3 kali.

8. Borok
  • Parut 1 ruas ibu jari kunyit, tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan 1 buah jeruk nipis.
  • Aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  • Jadikan obat luar dengan cara membalurkan pada kulit yang terdapat borok.

9. Keputihan
  • Siapkan 15 gram umbi kunyit yang sudah tua, kupas kulit dan bersihkan.
  • Parut sampai halus, tambahkan dengan 1 gelas air asam dan gula jawa.
  • Aduk terus sampai rata, tuang sembari gunakan alat penyaring (kain).
  • Minum obat keputihan ini sehari 2 kali.

10. Radang Gusi
  • Tanaman gambir 3 potong dan 1/2 ibu jari kunyit.
  • Potong kedua bahan dan tumbuk sampai halus.
  • Rebus ke dalam 2 gelas air pada panci sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
  • Tunggu agak dingin, minum rutin 3 - 4 kali dalam sehari.

11. Telat Datang Bulan
  • Bahan berupa 15 gram daun sigading dan kunyit, 10 gram kapulaga dan biji pala, 5 gram jintan hitam, ketumbar dan cengkeh.
  • Rebus semua bahan penyusun pada panci berisi 3 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelas.
  • Saring airnya dan minum obat 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.
Itulah hasil rangkuman kami dari berbagai sumber mengenai khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan. Semoga Artikel Kesehatan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pemirsa sekalian yang membutuhkan. Ingat 1 langkah untuk menjadi nomor 1.

Catatan :
Disclaimer: Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

Daftar Pustaka :
http://www.akuinginsukses.com/7-manfaat-kunyit-yang-luar-biasa-untuk-kesehatan/
http://www.buahku.wordpress.com
http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/08/manfaat-kunyit.html
http://duniakunyit.blogspot.co.id/2013/05/definisi-kunyit-kunyit-merupakan.html
https://www.fatih-io.biz
https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit
http://infosehat.org/klasifikasi-dan-kandungan-tanaman-kunyit/
http://www.komunitassehatorganik.com

http://www.pintarbiologi.com/2015/10/tanaman-kunyit-deskripsi-manfaat-dan-kandungan.html

0 Response to "Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Kunyit untuk Kesehatan Lambung, Usus, Darah, dan Tubuh Kita"

Posting Komentar