Artikel Kesehatan : Manfaat Luar Biasa Air Putih "Resep Diet Air Putih Yang Sehat"

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Menjadi Nomor 1

ArtikelKesehatan,- Air adalah sumber kehidupan. Setiap penjuru dunia membutuhkan air sebagai sumber kehidupan mereka. Fungsi utama air bagi kehidupan adalah untuk diminum.  Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002)

Sumber Gambar : nationalgeographic.co.id

Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri  atau zat-zat berbahaya. Bakteri yang terkandung di dalam air dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, namun banyak zat berbahaya, terutama logam, yang tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.
Air sendiri memiliki sejarah pembentukannya, hal tersebut dapat terjelaskan di bawah ini.
·         Pendinginan Bumi purba  hingga ke titik ketika komponen volatil yang terlepas ke atmosfer mencapai tekanan tertentu yang memungkinkan penstabilan dan pemertahanan air.
·         Komet, objek trans-Neptunus  atau meterorit  (protoplanet) yang kaya akan air menubruk Bumi. Pengukuran rasio isotophidrogen deuterium dan protium menunjukkan peran asteroid karena kemiripannya dengan persentase ketidakmurnian dalam kondrit  yang kaya akan karbon di samudra Bumi, sementara pengukuran terhadap konsentrasi isotop di komet dan objek trans-Neptunus tidak terlalu mirip dengan yang di Bumi.
·         Secara biokimia melalui mineralisasi dan fotosintesis Perembesan air yang disimpan di mineral hidrat di bebatuan Bumi secara perlahan.
·         Fotolisis:  radiasi dapat mengurai ikatan kimia di permukaan.
Asupan air putih tak dapat digantikan dengan minuman lainnya. Pasalnya, terdapat tujuh mineral yang dibutuhkan tubuh. Dokter Spesialis Gizi Sri Sukmaniah mengatakan mineral tak diproduksi tubuh. Oleh karena itu, diperlukan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mineral, tuturnya, tergolong zat mikro esensial. Mineral, tambahnya, penting bagi tubuh namun dalam jumlah yang sedikit. Mineral pun terkandung dalam air mineral secara alami dan tidak disuntikkan secara sengaja. "Air putih mengandung mineral alamiah yang tidak bisa digantikan jadi penting untuk dikonsumsi," ujarnya dalam Seminar Media dari Aqua tentang Optimalisasi Asupan Air Putih di Bulan Puasa.
Adapun, terdapat tujuh mineral penting yang membuat air putih harus dikonsumsi tubuh. Ketujuh mineral yang terkandung dalam air putih yaitu Fluorida, Natrium, Kalsium, Magnesium, Silika, dan Zinc.
Fluorida, katanya, berfungsi menjaga gigi dari pembentukan karies. Kekuatan tulang, tambahnya, juga menjadi peran Fluorida. "Fluorida mencegah karies gigi dan menjaga kekuatan tulang dan gigi," katanya.
Zat lainnya, Natrium membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tak heran, mineral jenis ini ditemukan dalam infus yang biasa diberikan untuk menghidrasi tubuh.
Ada pula Kalsium dan Magnesium yang berperan menjaga kesehatan tulang, pembuluh darah dan kontraksi otot. "Kalsium dan Magnesium penting menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan tulang," jelasnya.
Zat Silika yang membantu keutuhan dan kelembapan kulit. Hal ini karena, terdapat 80% air di dalam tubuh. "Silika penting sekali tapi tidak disadari. Padahal, Silika bisa menjaga keutuhan kulit," katanya. Sementara itu, Zinc, berperan sebagai co-enzim. Zinc, katanya, membantu 300 enzim di dalam tubuh. Selain itu, zat ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan fungsi saraf otak.
Kendati banyak bahan makanan yang mengandung air, dia menyarankan agar konsumsi air putih untuk orang dewasa sebanyak 2 liter atau delapan gelas air putih, untuk orang lanjut usia sebanyak 1 liter sampai 1,5 liter atau empat sampai enam gelas sehari dan anak-anak dianjurkan mengonsumsi 1,6 liter sehari atau enam gelas sampai tujuh gelas. "Jadi delapan gelas itu di luar konsumsi bahan makanan lain yang mengandung air," katanya
Melihat hal-hal tersebut di atas, maka tentunya banyak manfaat air putih bagi tubuh kita, termasuk dalam proses menjaga kestabilan tubuh khususnya diet. Berikut manfaat air putih bagi tubuh kita yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.
Pertama, Resep Diet Air Putih Sebelum Makan
  • Hal ini mungkin sudah sering anda dengar ya bahwa ketika minum 2 gelas air putih hangat atau dingin sebelum makan dapat membantu anda untuk mengkonsumsi makanan lebih sedikit. ternyata hal mudah seperti ini sudah benar-benar teruji karena banyak penelitian yang telah membuktikannya. itulah mengapa trik dan resep diet air putih sebelum makan ini sangat berguna untuk menurunkan berat badan.
Kedua, Resep Diet Air Putih Dengan Minum Lebih Dari 4 Liter Sehari
  • Untuk proses menurunkan berat badan dengan air, kami anjurkan anda untuk memperbanyak minum air putih. walaupun sudah bagus dengan mengkonsumsi minimal 3 liter air dalam sehari ternyata untuk lebih efektif anda diharuskan minum air putih lebih dari 4 liter dalam sehari. dengan ini dapat membantu membuang racun serta dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.
Ketiga, Resep Diet Air Putih Untuk Redakan Rasa Lapar
  • Bila anda mulai merasa lapar, jangan sekali-kali langsung mengkonsumsi makanan kesukaan anda. tapi cobalah untuk meredakannya dengan memperbanyak minum air putih. dengan begitu, anda dapat membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan berat badan anda pun akan menurun secara bertahap dan mudah.
Keempat, Konsisten Dengan Resep Diet Air Putih
  • Konsisten disini di maksud kan untuk memilih air putih ketimbang mengkonsumsi aneka minuman lainnya yang berwarna dan berasa. alih-alih mengkonsumsi minuman yang serba manis, kami anjurkan untuk konsisten meminum air putih biasa, hangat atau dingin. pastinya anda sadar bukan, bila air putih itu lebih menyehatkan dibandingkan dengan minuman dalam kemasan? jadi mulailah mencintai air putih !!
Kelima, Detok Air Dengan Resep Diet Air Putih
  • Mendetox tubuh dengan menggunakan air putih merupakan salah satu cara detox yang paling mudah dan praktis. anda bisa mulai mencoba terapi air untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan akurat. ada banyak jenis terapi air yang dapat anda coba untuk program penurunan berat badan, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.
Keenam, Resep Diet Air Putih Dan Salad
  • Mengkombinasikan air dengan salad buah atau salad sayuran merupakan salah satu pilihan yang tepat dan sehat. salad yang terkenal kaya vitamin dan banyak manfaat yang baik untuk tubuh dapat membantu memperlancar proses pencernaan. sedangkan air putih mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. jadi kombinasi kedua bahan tersebut di yakini mampu menurunkan berat badan dengan cara yang cepat dan sehat.
Ketujuh, Resep Diet Air Putih Dan Teh Hijau
  • Untuk menghindari kebosanan anda dapat memadukan diet air putih dengan teh hijau. kenapa harus teh hijau? jawabannya adalah teh hijau yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta sistem kekebalan dalam tubuh sangat membantu anda ketika menjalani diet air putih ini. anda dapat mengkonsumsinya di pagi hari, siang hari ataupun pada malam hari dengan ditemani satu buah pisang atau buah lainnya sesuai selera.
Kedelapan, Resep Diet Air Putih dan Olahraga
  • Sebelum menjalankan aktifitas sehari-hari, kami sarankan anda untuk berolahraga ringan di setiap pagi nya. jangan lupa sebelum olahraga untuk meminum air putih yang cukup. begitu pula ketika anda sudah selesai berolahraga. karena dengan anda mengkonsumsi air putih yang cukup sangat bermanfaat agar tubuh anda terhindar dari dehidrasi.
Kesembilan, Resep Diet Air Putih Hangat
  • Dengan mengkonsumsi air putih hangat di pagi hari juga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. trik ini memang sangat sederhana, namun cara ini terbukti efektif menurunkan berat badan dengan mudah. agar lebih terasa segar dan tidak hambar, anda dapat menambahkan sedikit perasaan air jeruk nipis atau sedikit garam ke dalamnya.
Kesepuluh, Resep Diet Air Putih Di Pagi Hari
  • Minum segelas besar air putih ketika bangun tidur atau ketika pertama kali membuka mata di pagi hari merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat. anda dapat melakukannya setiap hari di pagi hari lalu rasakan manfaatnya.
Kesebelas, Asupan Air Sepanjang Hari Dengan Resep Diet Air Putih
§  Dengan mencukupi asupan air putih sepanjang hari dapat membantu anda untuk tetap segar, fit dan terhindar dari dehidrasi. alhasil, anda akan merasa lebih baik menjalankan aktifitas sehari-hari, lebih energik serta memiliki berat abdan yang ideal.
Itulah yang dapat kami bagikan untuk pembaca semua agar kondisi tubuhnya nanti dapat menjadi lebih ideal. Semoga berhasil dan semoga makin sehat. Ingat! 1 Langkah Menjadi Nomor 1.
Daftar Pustaka :
http://blog.act.id/2-teori-untuk-menjawab-misteri-asal-usul-air-di-bumi/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/18-manfaat-luarbiasa-air-putih-bagi-kulit-rambut-dan-kesehatan.html
http://health-widiynews.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-luar-biasa-minum-air-putih-sebelum-tidur.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum
https://id.wikipedia.org/wiki/Asal_usul_air_di_Bumi
http://lifestyle.bisnis.com/read/20150603/106/439744/ini-kandungan-mineral-yang-ada-di-dalam-air-putih
http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/11/darimana-asal-muasal-air-di-bumi
http://resephariini.com/11-resep-diet-air-putih-yang-sehat/
http://wisatasukses.com
Catatan :

Disclaimer: Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

0 Response to "Artikel Kesehatan : Manfaat Luar Biasa Air Putih "Resep Diet Air Putih Yang Sehat""

Posting Komentar