Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Mentimun Untuk Memutihkan Kulit, Melembutkan Wajah, dan Meningkatkan Cahaya Kecantikan Wajah

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Menjadi Nomor 1


Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Mentimun Untuk Memutihkan Kulit, Melembutkan Wajah, dan Meningkatkan Cahaya Kecantikan Wajah


Artikel Kesehatan Herbal,- Mentimun adalah jenis sayuran yang enak rasanya. Mentimun dengan warna hijaunya, dan kandungan air di dalamnya yang sangat banyak membuat kita merasakan sensasi segar saat mengkonsumsinya. Mentimun selain rasanya yang enak dimakan secara langsung, dewasa ini sudah banyak olahan makanan dari mentimun, salah satunya es buah. Es buah mentimun banyak penggemarnya karena rasa segar yang dimiliki mentimun dapat menghipnotis penikmatnya. 

Mentimun memiliki sejuta khasiat. Mentimun memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga salah satu khasiatnya dapat membantu kita terhindar dari dehidrasi. Akan tetapi, pembahasan kita kali ini bukan sekedar mentimun menjadi olahan makanan, tetapi kita akan merangkum manfaat dan khasiat mentimun untuk kecantikan, menghaluskan kulit wajah, dan meningkatkan pancaran cahaya pada wajah. Untuk itu, mari kita simak pembahasan berikut di bawah ini:

A. Sejarah Singkat Mentimun
Mentimun berasal dari Cina bagian tengah dan barat. Mentimun juga ditemukan juga di India timur laut dan Myanmar. Mentimun atau biasa disingkat dengan sebutan timun itu dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu didataran rendah orang masih banyak bertanam timun, misalnya di Dramaga, dan ciomas (Bogor). Luas penanaman timun di Indonesia berkisar 13.500-17.500 ha.

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.
Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.
B. Kandungan Nutrisi Mentimun

Mentimun sayuran rendah kalori

Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat rendah kalori, yaitu  hanya 15 kalori per 100 g,  dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Mentimun adalah sumber serat makanan yang dapat membantu mengurangi sembelit, dan dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap kanker usus, yaitu dengan menghilangkan senyawa beracun dari usus.


Mentimun Mengandung kalium tinggi

Mentimun juga sumber kalium yang sangat baik , dan elektrolit penting. 100 g mentimun mengandung 147 mg kalium,  tetapi hanya 2 mg sodium. Kalium adalah penghasil elektrolit yang baik bagi hati, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatur irama detak jantung dengan melawan efek buruk dari natrium.

Mentimun Mengandung antioksidan

Ketimun mengandung anti-oksidan unik dalam rasio moderat,  seperti beta-karoten dan alfa-karoten, vitamin C, vitamin-A, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini bertindak sebagai zat perlindungan terhadap radikal bebas ,  yang akan berperan dalam mencegah efek penuaan dan berbagai proses penyebab penyakit. Kekuatan total antioksidan diukur dari segi kapasitas penyerapan radikal bebas (ORAC value), adalah 214 umol TE/100 g.

Mentimun Bersifat diuretik

Mentimun besifat diuretik ringan, karena banyak air, dan juga mengandung kalium namun rendah natrium. Hal ini membantu menjaga berat badan, menjaga tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggii.

Mentimun Mengandung vitamin K

Yang mengejutkan, mentimun ternyata mengandung vitamin K, yaitu sekitar 17 mg vitamin K  per 100 gramnya. Vitamin-K  memiliki peran potensial untuk kekuatan tulang dengan mempromosikan aktifitas osteotrophic (pembentukan massa tulang) . Buah mentimun juga memiliki peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer, yaitu dengan membatasi kerusakan pada saraf di otak.

Kandungan nutrisi/gizi  mentimun, secara lebih lengkap dan rinci

Mentimun (Cucumis sativus) mentah, Nilai nutrisi per 100 g.

Energi 15 Kcal <1%
Karbohidrat 3,63 g 3%
Protein 0,65 g 1%
Total Lemak 0.11 g 0.5%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 0,5 g 1%
Vitamin
Folat 7 mg 2%
Niacin 0.098 mg <1%
Asam pantotenat 0.259 mg 5%
Pyridoxine 0.040 mg 3%
Riboflavin 0,033 mg 3%
Thiamin 0,027 mg 2%
Vitamin A 105 IU 3,5%
Vitamin C 2,8 mg 4,5%
Vitamin E 0,03 mg 0%
Vitamin K 16,4 mg 13,6%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 147 mg 3%
Mineral
Kalsium 16 mg 1,6%
Besi 0,28 mg 3,5%
Magnesium 13 mg 3%
Mangan 0,079 mg 3,5%
Fosfor 24 mg 3%
Fosfor
Seng 0,20 mg 2%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 45 ug –
Crypto-xanthin-ß 26 ug –
Lutein-zeaxanthin 23 ug -
Sumber lain mengungkapkan dalam setiap 100 gram timun mengandung:
Gula – 1,67 gm, Karbohidrat – 3,63 gm, Serat Diet – 0,5 gm, Riboflavin (Vitamin B2) – 0,033 mg, Niacin (Vitamin B3) – 0,098 mg, Asam Pantothenic (Vitamin B5) – 0,259 mg, 
Thiamin (Vitamin B1) – 0,027 mg, Vitamin B6 – 0,040 mg, Lemak – 0,11 gm, Protein – 0,65 gm, Vitamin C – 2,8 mg, Asam Folat (Vitamin B9) – 7 μg, Zat besi – 0,28 mg, Calcium – 16 mg, Magnesium – 13 mg, Fosfor – 24 mg, Zinc- 0,20 mg, dan Potassium – 147 mg.

C. Manfaat dan Khasiat Mentimun
–    Untuk kesehatan kulit
Dari dulu mentimun telah dipercaya dapat menyehatkan kulit, hal ini disebabkan mentimun menyimpan banyak vitamin C dan asam kafeat yang mampu mengurangi cairan dibawah kulit dan mengurangi iritasi pada kulit. Alasan inilah kenapa mentimun juga banyak dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan kulit dan kecantikan, diantaranya untuk mengatasi kulit kering, terkena sinar matahari, gatal-gatal dan jerawat. Untuk kecantikan, mentimun bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah, mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengatasi flek/noda hitam, dan mengencangkan kulit yang keriput.
–    Mengobati asam urat
Kandungan senyawa mentimun salah satunya adalah air dan mineral kalium yang mampu mengeluarkan kadar asam urat dan sisa metabolisme dari dalam tubuh melalui ginjal. Oleh sebab itu jika anda mengalami gejala asam urat sebaiknya mulai merutinkan untuk konsumsi buah mentimun ini.
–    Menurunkan berat badan
Buah mentimun sangat baik untuk membantuk diet anda, karena kandungan serat dan air yang mengenyangkan dan tahan lama.
–    Menurunkan tensi darah / darah tinggi
Buah mentimun dipercaya sebagai obat tradisional untuk menurunkan darah tinggi
–    Sebagai deuretik alami
Membantu sekresi di dalam urin sehingga dapat meningkatkan kinerja ginjal, kandung kemih, hati, pencernaan protein.
–    Sebagai detoksifikasi alami dalam tubuh
Kandungan air pada mentimun hampir 90 % yang dapat membantu memperlancar urine, dan berfungsi untuk menetralkan toksin-toksin dan membersihkan bakteri dalam usus.
–    Mengatasi diare
Mentimun juga berkhasiat untuk mengatasi diare hal ini karena kandungan serat pada mentimun ini.
Manfaat kulit dan biji mentimun
•    Tahukan anda kulit dan biji mentimun banyak menyimpan senyawa bermanfaat bagi kesehatan kita. Kandungan senyawa yang terdapat pada kulit mentimun diantaranya : vitamin A, serat, mineral silica, magnesium dan kalium. Berfungsi untuk menjaga kesehatan sendi, tulang dan otot. Selain itu juga berfungsi untuk mencegah kerusakan otak pada bayi yang dilahirkan.
•    Biji mentimun mengandung senyawa Alkaloid hypoxanthine yang dapat berfungsi untuk mengobati cacingan pada anak.
Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat dan khasiat mentimun yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat bagi seluruh pemirsa setia bersehatpedia.blogspot.com dan tulisan ini dapat menjadi referensi serta rujukan dalam penulisan selanjutnya. Dari kami, salam sehat salam lestari



Daftar Pustaka :
http://cantikaku.com/
http://ibutani.blogspot.co.id/2011/11/sejarah-dan-manfaat-mentimun.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Mentimun
http://jendelauntukkita.blogspot.co.id/2013/04/kandungan-gizi-dan-manfaat-ketimun-bagi.html
http://nyusandalan.com/khasiat-mentimun-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://obatkulitwajah.com/
http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-mentimun-251.html


Catatan :
Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

0 Response to "Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Mentimun Untuk Memutihkan Kulit, Melembutkan Wajah, dan Meningkatkan Cahaya Kecantikan Wajah"

Posting Komentar