Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Pepaya Untuk Kecantikan, Menghaluskan Kulit, Alat Kontrasepsi, dan Kesehatan Tubuh Kita

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Menjadi Nomor 1

Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Pepaya Untuk Kecantikan, Menghaluskan Kulit, Alat Kontrasepsi, dan Kesehatan Tubuh Kita

Artikel Kesehatan Herbal,- Pepaya merupakan buah yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Buah yang satu ini dapat kita jumpai di pekarangan rumah kita, atau bisa kita dapatkan di pasar tradisional sampai supermarket. Pepaya yang berbentuk bulat memanjang dan apabila saat matang berwarna kuning atau orange ini memiliki rasa yang sangat manis. Pepaya dengan daunnya yang lebar dan memiliki biji kecil berwarna hitam pada bagian dalamnya. Penyemaian atau penyebaran buah pepaya juga tergolong sangat mudah, karena hanya bermodalkan bijinya kita dapat melakukan pembibitan buah pepaya.



Buah pepaya terkenal sebagai obat pencernaan. Buah pepaya biasa kita kenal untuk membantu kita mengatasi permasalahan pencernaan. Biasanya buah pepaya menjadi saran dari dokter untuk kita makan apabila kita sembelit atau mengalami susah buang air besar. Selain itu, apabila dirawat di Rumah Sakit tentu kita akan sering menjumpai buah pepaya sebagai makanan penutup yang diberikan oleh pihak rumah sakit saat kita mendapatkan jatah makan. Ternyata khasiat dan manfaat buah pepaya tidak sebatas itu saja, buah pepaya masih menyimpan banyak manfaat dan khasiat lain yang mungkin belum pernah kita dengar. Untuk menyampaikan informasi ini, tentu kita akan menyampaikan informasi mengenai buah pepaya dari sudut pandang sejarah singkatnya, kandungan nutrisinya, dan manfaat serta khasiat buah pepaya untuk kita semua. Berut kami sampaikan rangkuman mengenai Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya untuk kita semua.

A. Sejarah Singkat Buah Pepaya
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".



Sedangkan menurut pendapat lain Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat bahkan kawasan sekitar Mexico dan Costa Rica. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daerah tropis maupun sub tropis, di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan (sampai 1000 m dpl). Buah pepaya merupakan buah meja bermutu dan bergizi yang tinggi. Di Indonesia tanaman pepaya tersebar dimana-mana bahkan telah menjadi tanaman pekarangan. Sentra penanaman buah pepaya di Indonesia adalah daerah Jawa Barat (Kabupaten Sukabumi), Jawa Timur (Kabupaten Malang), Yogyakarta (Sleman), Lampung Tengah, Sulawesi Selatan (Toraja), Sulawesi Utara (Manado). 



Jenis dari tanaman pepaya antara lain:
(1) Pepaya Jantan. Pohon pepaya ini memiliki bunga majemuk yang bertangkai panjang dan bercabang-cabang. Bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai. Ciri-ciri bunga jantan ialah putik/bakal buah yang rundimeter yang tidak berkepala, benang sari tersusun dengan sempurna. 

(2)  Pepaya Betina. Pepaya ini memiliki bunga majemuk artinya pada satu tangkai bunga terdapat beberapa bunga. Tangkai bunganya sangat pendek dan terdapat bunga betina kecil dan besar. Bunga yang besar akan menjadi buah. Memiliki bakal buah yang sempurna, tetapi tidak mempunyai benang sari, biasanya terus berbunga sepanjang tahun. 

(3) Pepaya Sempurna. Pepaya sempurna memiliki bunga yang sempurna susunannya, bakal buah dan benang sari dapat melakukan penyerbukan sendiri maka dapat ditanam sendirian. 

B. Kandungan Nutrisi Buah Pepaya
Buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kadar potasium dan vitamin C cukup tinggi. Juga memiliki kandungan antioksidan seperti karotenflavonoidfolat dan asam pantotenatKandungan nutrisi lain yang terdapat dalam buah pepaya adalah enzim papain. Nama papain diambil dari kata papaya, khas dari tanaman pepaya. Enzim ini sebenarnya ada dalam getah pepaya. Jadi tidak hanya pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batang. Industri makanan menggunakan enzim papain sebagai pelunak daging. Sedangkan industri farmasi menggunakan enzim ini sebagai obat cacing dan gangguan pencernaan. Enzim diekstrak dari getah tanaman pepaya yang terdapat dalam buah, daun dan batang.

Pendapat lain mengungkapkan:
1. Kandungan Gizi:
  • Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.
  • Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui.
  • Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya dari buah apel.
2. Kandungan Enzim Papain
  • Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein.
  • Enzim papain pun berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembelit.
  • Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.
  • Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.
  • Enzim Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya.
3. Kadar protein 
dalam buah pepaya memang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Hal ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya yang mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Selain itu buah pepaya juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

C. Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya
Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :


1. Anti inflamasi
Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.
2. Menguatkan sistem imun
Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.
5. Mencegah Penyakit jantung
Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.
6. Pencernaan
Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.
7. Mencegah Degenerasi Makula
Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.
8. Mempercepat Penyembuhan Luka
Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.
9. Pencegahan Asma
Risiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.
10. Mengurangi Berat Badan – Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik
Selain Itu, terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan seperti berikut :
  1. Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
  2. Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.
Pendapat lain mengungkapkan manfaat dan khasiat buah pepaya antara lain Karena kaya mineral, buah pepaya baik untuk menguatkan tulang, mencegah kram otot, memperkuat kontraksi otot, meningkatkan energi dan mood, dan masih banyak lagi.
Tingginya kandungan vitamin A membuat pepaya baik untuk membantu perawatan selaput lendir, sehingga pepaya sering digunakan untuk pengobatan beberapa jenis masalah/penyakit pada sinus. Buah pepaya diyakini baik untuk membantu melancarkan dan memperbaiki proses pencernaan karena kaya akan serat makanan (fiber) dan senyawa chymopapain danpapain. Buah pepaya sering digunakan sebagai obat kesulitan buang air besarNamun demikian, kandungan nutrisi masing-masing varian buah pepaya berbeda-beda. Di beberapa negara, papain juga digunakan sebagai obat oles kulit untuk mengobati luka bakar, luka, ruam, dan sengatan binatang.
Karena memiliki konsentrasi vitamin C dan fitonutrien tinggi, buah pepaya dapat digunakan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C pada buah pepaya jauh lebih tinggi daripada yang dikandung oleh beberapa jenis jeruk, sehingga lebih efektif untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit dari masuk angin dan flu hingga kanker.
Pepaya biasanya juga digunakan sebagai kondisioner rambut karena memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk rambut. Salah satu fakta menariknya adalah para perempuan di India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan beberapa negara lain menggunakan pepaya hijau atau pepaya yang masih mentah sebagai obat herbal untuk kontrasepsi.
Itulah rangkuman yang dapat kami bagikan kepada pemirsa sekalin, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan referensi bagi anda semua. Dari kami, Salam Sehat Salam Lestari.



Daftar Pustaka :
http://alamtani.com/manfaat-buah-pepaya.html
http://food.detik.com/
https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=kandungan%20nutrisi%20pepaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya
http://www.inforitel.com/dpage.php?id=2&autoid=7631
http://manfaat.co.id/12-manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan
http://medisanda.com/
jttp://m.feed.id/
http://pertaniansehat.com/read/2013/04/15/gizi-buah-pepaya-carica-papaya-l.html
http://posmedia99.blogspot.com/
http://www.sitkes.com/khasiat-buah-pepaya.html
http://suara.com/

Catatan :
Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

0 Response to "Artikel Kesehatan: Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Pepaya Untuk Kecantikan, Menghaluskan Kulit, Alat Kontrasepsi, dan Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar