Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan Jantung, Kekebalan Tubuh, Kesuburan, dan Kesehatan Tubuh Kita.

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Menuju Nomor 1

Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan Jantung, Kekebalan Tubuh, Kesuburan, dan Kesehatan Tubuh Kita.

Artikel Kesehatan Herbal,- Buah nanas adalah salah satu jenis buahan yang sangat menarik. Memiliki tekstur yang unik, dan pada bagian daunnya khas dengan duri, serta tidak ketinggalan keunikannya yaitu memiliki sebuah mahkota bertepikan barisan duri yang tersusun rapi. Buah nanas sering kita jumpai, baik kita jumpai sudah dalam kemasan rapi di pusat belanja maupun masih terlihat alami di pasaran. Selain itu, untuk wilayah tropis buah nanas tidak sulit kita jumpai menjadi tanaman pekarangan.



Keunikan buah nanas yang sering kita ketahui antara lain seperti yang telah di sebutkan di atas, namun keunikannya masih sangat banyak. Selain rasa yang sangat menyegarkan buah nanas juga memiliki keunikan dari khasiatnya. Apa sajakah keunikan buah nanas sehingga wajib pemirsa sekalian ketahui melalui bersehatpedia.blogspot.co.id? Selain itu apa sajakah kandungan buah nanas yang membuat buah nanas menjadi begitu istimewa? Dan bagaimanakah sejarah penyebaran buah nanas sehingga saat ini sangat mudah buah ini kita jumpai di pasaran? Untuk itu kami akan sajikan sebuah bacaan sederhana bagi pemirsa sekalian sehingga dapat menjadi referensi ataupun rujukan untuk bacaan selanjutnya.

A. Sejarah Singkat Buah Nanas

Dalam Bahasa Inggris buah nanas dikenal sebagai Pineapple. Dinamakan demikian dikarenakan bentuknya yang mengerucut seperti pohon pinus dan kandungan juicenya yang kaya. Meskipun cukup populer, banyak diantara kita yang tidak mengetahui asal-usul buah ini. Berbicara tentang sejarah buah nanas, banyak para ahli meyakini bahwa tanaman yang satu ini berasal dari Paraguay dan Brasil selatan yang kemudian oleh penduduk lokal dibudidayakan di seluruh Amerika Selatan hingga Kepulauan Karibia. Pada 1493, Christopher Columbus menemukan buah nanas di Karibia Guadalupe. Inilah cikal bakal diperkenalkannya buah nanas ke benua Eropa yang kemudian menyebar ke seluruh dunia saat era kolonialisme berlangsung.

Ketika Columbus memperkenalkan nanas ke Eropa, buah nanas menjadi sangat populer. Selama masa itu, nanas merupakan salah satu makanan mewah yang dianggap sangat eksklusif. Kapal-kapal membawa nanas yang diawetkan dari pulau-pulau Karibia dan dijual dengan harga sangat mahal di Eropa. Buah nanas segar bahkan lebih mahal dan sulit diperoleh karena hanya beberapa kapal cepat yang mampu membawa nanas segar dalam kondisi baik.

Pada periode tahun 1527, bangsa Spanyol memperkenalkan nanas pertama kali ke Hawaii, di Big Island. Kemudian, dari sinilah diyakini buah nanas menyebar ke Asia dan Hindia Barat termasuk juga Indonesia. Saat itu buah nanas hanya mampu tumbuh di wilayah tropis, sehingga butuh waktu dua abad agar para petani Eropa mampu menemukan metode untuk membudidayakan tanaman nanas. Dengan demikian, sampai dengan abad ke-16, nanas tetap barang langka yang sangat eksklusif. Berdasarkan sebuah catatan diketahui bahwa budidaya nanas dimulai di Eropa pada 1720-an. 

Sebelum periode ke 16 ada satu fakta unik terkait buah nanas, yakni dianggap sebagai simbol persahabatan dan juga jimat pembawa keberuntungan. Nanas merupakan simbol negara Jamaika yang digunakan pada tahun 1661. Seringkali pada acara tertentu yang mengharuskan kehadiran nanas sebagai simbol, orang-orang menyewanya dan dikembalikan setelah acara selesai. Hal ini tidak terlepas dari mahalnya harga nanas pada saat itu.

Komersialisasi nanas dalam bentuk kalengan pertama kali dilakukan oleh seorang berkewarganegaraan Inggris bernama Kapten John Kidwell. Usaha ini dimulai sejak tahun 1880 dan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Namun demikian, pada tahun 1898, Kapten Kidwell terpaksa menutup usahanya dikarenakan pajak yang dikenakan oleh Pemerintah AS untuk industri pengalengan nanas pada saat itu sangat tinggi.

B. Kandungan Ilmiah Buah Nanas

Buah tropical ini banyak mengandung vitamin C. Dalam 3,5 ons buah nanas terdapat 47,8 mg vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang dapat memastikan apakah bromelain benar-benar berguna sebagai pengobatan.
Nanas dapat dijadikan jus, di mana 200 ml jus nanas mengandung sekitar 25 mg vitamin C. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C per hari. Anda tidak perlu menambahkan gula ke dalam jus nanas karena buah yang satu ini sudah cukup manis.
C. Manfaat dan Khasiat Buah Nanas

1. Memperkuat sistem kekebalan (imun) tubuh
Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker

Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ. CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker. Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker. Keduanya molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma. Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi. Kemudian, Nanas memiliki kandungan mangan yang sangat baik. Dimana mangan memiliki fungsi untuk menghambat radikal bebas. Nanas kaya akan vitamin C, yang merupakan salah satu antioksidan alami yang berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker.

2. Kaya akan kandungan vitamin C
Buah nanas memiliki kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi, dengan kaya antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

3. Kesehatan tulang
Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

4. Kaya akan kandungan serat. 
Pada buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

5. Mengatasi rasa nyeri. 
Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh. Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

6. Kesehatan pencernaan 
Jus nanas dapat Kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan juga rasa mual. Kemudian, mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga keteraturan usus. Enzim alami yang terkandung dalam jus nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus. Selain itu, kaya akan vitamin C membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Jus nanas bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami. Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi. Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air.

Enzim bromelain berperan dalam memecah protein dalam makanan, tujuannya agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus. Sehingga, tidak jarang nanas digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Clinical Immunology 2008 lalu, bahwa kandungan bromelain memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit pada usus besar, seperti salah satunya cacingan.



7. Meredakan peradangan
Kandungan mromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan. Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit. Seperti untuk mengobati memar di tubuh, kesleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

8. Penyembuhan cepat
Terdapat kandungan di dalam nanas yang bersifat sebagai anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat. Agar luka menjadi cepat sembuh, untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit. Rasanya memang akan MENYAKITKAN alias perih, tetapi jus nanas ini dapat membantu membersihkan luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

9. Kesehatan jantung
Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah. Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. 

10. Menyegarkan tubuh
Buah nanas ini sangat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

11. Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

12. Pencegahan Katarak
Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak. Vitamin C secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manula.

13. Mencegah Asma
Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal.

14. Untuk kesuburan pria dan wanita
Jus nanas memiliki kandungan penting beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Walaupun terdapat bukti hanya berupa “anekdot” bahwa jus nanas memiliki manfaat dalam seksualitas, akan tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini.

15. Meminimalisir penyakit sinusitis
Salah satu gejala sinusitis yaitu hidung tersumbat oleh lendir yang tidak bisa dikeluarkan, yang hal itu mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang terus menerus . Sinusitis berbeda dengan influenza, dimana kondisi sinusitis yaitu lendir yang menyumbat hidung yang teperangkap di dalam sebuah rongga sehingga sulit dikeluarkan sehingga sangat sulit di keluarkan. Pada beberapa kasus yang terjadi, penderita sinusitis perlu melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat jalanya pernafasan di jalur hidung. Buah nanas bisa berperan dalam meminimalisir masalah sinusitis ini. karena buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.

16. Penting !!!
Kandungan vitamin B1 di dalam buah nanas berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi energi.

Artikel Kesehatan Herbal,- Itulah beberapa hal mengenai buah nanas yang dapat kami informasikan kepada pemirsa semua. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan dapat menjadi ilmu yang terus berkesinambungan antar sesama kita umat manusia.

Terima kasih dan salam lestari.


Daftar Pustaka :

http://www.alodokter.com/jangan-salah-kandungan-dan-manfaat-buah-nanas-ada-banyak
http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2015/08/13-manfaat-membuat-jus-nanas-bagi.html
http://likedanbagikan.com
http://manfaatbuahnanas.blogspot.co.id/2013/07/sejarah-buah-nanas.html
http://saransehat.com

Catatan :
Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

0 Response to "Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan Jantung, Kekebalan Tubuh, Kesuburan, dan Kesehatan Tubuh Kita."

Posting Komentar