Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Kopi Bagi Kesehatan Gigi

Artikel Kesehatan,- 1 Langkah Menjadi Nomor 1


Artikel Kesehatan,- Kopi adalah salah satu hidangan yang nikmat. Setiap rumah dipastikan memiliki cadangan kopi di dapurnya. Kopi sendiri sebelum menyebar kerumah-rumah seperti saat ini, menyimpan sejarah yang sangat misterius. kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi,ketika bangsa arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Sumber Gambar : Merdeka.com

Selain sejarah kopi yang cukup membuat kita semua tercengang, kandungan yang terdapat di dalam kopi juga bisa membuat kita semua kagum. Berikut merupakan kandungan kimiawi yang terdapat dalam kopi :

1. Kafein
Kafein ditemukan didalam beberapa biji daun dan buah dari beberapa tanaman, kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein yang paling sering dinikmati oleh manusia, kafein diklasifikasikan sebagai drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihi dosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan, dalam konsumsi yang sudah menahun kafein dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker dan masalah gangguan tidur.

2. Air
Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan (dilakukan pengeringan pada biji kopi) namun kandungan air didalam kopi adalah bagian dari senyawa kimiawi kopi.

3. Ethyphenol
Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.

4. Quinic Acid
Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.

5. Dicaffeoylquinic Acid
Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksidan paling banyak dikonsumsi di dunia.

6. Dimethyl Disulfide
Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.

7. Acetylmethylcarbinol
Zat yang satu ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega.

8. Putrescine
Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.

9. Trigonelline
Zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.

10. Niacin
Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.

Sumber Gambar : Merdeka.com

Selain yang telah dijelaskan di atas, ternyata kopi masi menyimpan sebuah misteri. Baru-baru ini misteri kopi kembali terungkap, berikut penjelasannya.

Menenggak secangkir kopi bermanfaat bagi kesehatan gigi meskipun masih dalam perdebatan. Dilansir Foxnews, Rabu (10/9/2014), penelitian dari Boston University menunjukkan bahwa minum kopi dapat melindungi dari penyakit gigi seperti periondotal, peradangan gusi, dan tulang rahang. Setelah mempelajari lebih dari 1.000 orang berusia hingga 30 tahun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum satu atau lebih cangkir kopi setiap hari memiliki sedikit gangguan pada gigi seperti penyakit periodontal. Para peneliti juga menemukan bukti bahwa peminum kopi sedang atau berat mampu menghindari kerusakan pendarahan pada gusi dan tulang rahang. Para peneliti percaya bahwa antioksidan dalam kopi dapat menjadi pelindung dari minuman itu. "Kopi bisa mematikan proses inflamasi tubuh sendiri yang biasanya dapat merusak gusi dan tulang rahang yang mendukung gigi," kata penulis studi Raul Garcia, DMD. Menurut Garcia, meminum kopi tidak perlu khawatir dengan noda kusam pada gigi. Dia menjelaskan kadar asam kopi lebih sedikit dibandingkan minuman seperti jus, soda, dan minuman energi.

Dari informasi di atas, apakah anda masih ragu untuk minum kopi? Itu semua adalah pilihan anda, kami hanya memberikan informasi yang tentunya bermanfaat bagi kalian semua walau hanya secelumit bagi kehidupan anda semua.





Daftar Pustaka:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kopi
http://www.hasbihtc.com/10-kandungan-kimiawi-yang-terdapat-pada-kopi.html
http://diskes.sumutprov.go.id/artikel-39--penelitian-terbaru-kopi-membantu-kesehatan-gigi.html




Note :
Informasi di situs ini disediakan hanya bertujuan sebagai informasi dan bacaan umum saja, dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari saran atau pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan dari materi atau bahan-bahan yang ada

0 Response to "Artikel Kesehatan : Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Kopi Bagi Kesehatan Gigi"

Posting Komentar